Beli Sony Xperia Z1, Layar Retak Sendiri

1 comment 110 views
xperia-Z1

sonymobile.com

Rekan YLKI Jatim saya mohon bantuannya.
Saya membeli Sony Xperia Z1 pada tanggal 17 Januari 2015 senilai Rp5.950.000. Setelah saya pakai kurang lebih 2 (dua) minggu, layar Sony Xperia Z1 retak sendiri. Tidak jatuh maupun tertindih apapun. Dan posisi saya taruh diatas meja. Layar retak rambut 1 (satu) retakan di layar bagian kiri bawah (foto saya lampirkan).

Karena panik keesokan harinya saya bawa ke Sony Xperia centre di Plaza Marina Margorejo Surabaya berharap bisa diklaim garansi karena kerusakan bukan karena faktor manusia maupun lingkungan atau insiden apapun. Karena saya paham isi form garansi seperti apa.

Namun saat diterima oleh CS disana diinfokan bahwa kerusakan Handphone saya tidak bisa masuk garansi. Dengan alasan jika layar retak tidak bisa dimasukkan garansi. Saya paham itu, dan yang tidak bisa saya terima adalah kerusakan ini, bukan karena saya atau apapun melainkan dugaan gagal produk.

Kemudian saya diinformasikan untuk penggantian layar tersebut saya dikenakan biaya sebesar Rp.2.500.000 dan harus dibayar minimal 50% jika ingin diperbaiki. Dengan berat hati saya bayarkan 50% biaya service dan handphone dimasukkan ke service.

Kemudian saya cari tahu melalui internet. Saya menemukan keluhan sama yaitu layar retak sendiri Sony Xperia Z1 di Inggris. Konsumen di sana mengadukan hal tersebut ke YLKI-nya Inggris. Pada awalnya Sony menyangkal tentang rentannya layar Xperia Z series karena kesalahan produk. Tapi karena banyaknya keluhan yang sama akhirnya Sony mengeluarkan statements bahwa kerusakan layar yang berjenis single cracked atau retak rambut akan dimasukkan garansi.

Saya dari awal memperjuangkan agar handphone Sony Xperia Z1 saya ini bisa segera diservis dengan garansi penuh, atau saya minta ganti unit baru atau bahkan kembalikan uang saya sebesar Rp5.950.000. Saya sertakan kepada rekan YLKI screenshot kondisi HP saya dan beberapa refrensi website maupun screenshot dari website tentang keluhan yang sama.

M.A. Rachman, Gunung Sari Indah Surabaya.

M.A. Rachman yth.

Kami mengucapkan terima kasi anda telah menghubungi kami. Kami akan lebih senang manakala anda bersedia datang ke kantor kami untuk mengisi form pengaduan yang nantinya akan kami teruskan kepada pabrikan handphone Sony Xperia Z1 untuk mengklarifikasi permasalahannya.

Manakala keretakan itu memang kesalahan pabrikan maka hak-hak normatif anda seharusnya dipenuhi oleh pabrikan atau distributornya sebagaimana diatur dalam pasal 7 huruf d yang menegaskan: Kewajiban pelaku usaha adalah menjamin mutu barang dan/atau jasa yang diproduksi dan/atau diperdagangkan berdasarakan ketentuan standar mutu barang dan/jasa yang berlaku.

Jika hal itu dapat dibuktikan, maka hak normatif anda sebagai konsumen diatur dalam pasal yang sama di huruf f yang menegaskan: Kewajiban pelaku usaha membei kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang/atau jasa yang diperdagangkan.

Demikian jawaban dari kami, teliti sebelum beli waspada sebelum terpedaya.

Salam kami, Said Sutomo