Curiga Slogan Iklan: Pasti Pas!

No comment 90 views

pastipasSaya sebenarnya sudah lama mencurigai beberapa petugas pengisian pembelian BBM di beberapa SPBU di Surabaya yang memainkan buka-tutup slang pengisian pada tangki sepeda motor maupun kendaraan bermotor lainnya.

Saya menduga ada kecurangan bahwa dengan cara itu akan mengurangi volume BBM yang masuk ke dalam tanganki BBM kendaraan bermotor meskipun angka volume isian pada instalasi SPBU menunjukkan volume liter sesuai pesana. Apakah dugaan kecurangan pelayanan isian BBM semacam itu bisa dilaporkan kepada YLPK Jatim? Mohon penjelasannya, dari Andira SK ? Surabaya.

Sdr. Andira SK ysh.

Pengaduan anda sebenarnya sudah jamak diadukan oleh para konsumen kepada kami. Selama ini kami selalu menyarankan kepada kosumen untuk menyampaikan pengaduan lebih dulu kepada Bagian? Metrologi Dinas Perdagangan Provinsi Jatim yang umumnya stiker akses pengaduannya tercantum pada setiap instalasi SPBU.

Namun masalahnya sekarang ada proses penyelidikan yang sedang dilakukan oleh Kajati Jatim tentang adanya dugaan praktik pungli yang dilakukan oleh petugas metrologi kepada pemilik SPBU ketika melakukan terra meteran instalasi SPBU dengan kompensasi mengubah sistem takaran yang dapat mengurangi volume isian BBM yang sebenarnya, meskipun angka volume liter pada instalasi SPBU menunjukkan angka volume liter sesuai pesanan konsumen. Tapi perkembangan penyelidikannya sampai saat ini belum ada progres yang mengembirakan.

Oleh karenanya, jika anda mencurigai semacam itu di salah satu SPBU di Surabaya, sebaiknya anda membeli lagi dengan membawa tempat sendiri agar volumenya dapat diketahui benar-benar sesuai dengan takaran atau tidak. Dan jangan lupa untuk meminta struk bukti pembelian BBM pada SPBU yang anda curigai mengurangi volume takaran. Jangan-jangan slogan iklan ?Pasti Pas? dapat diartikan pasti pas kurangnya!

Salam kami, teliti sebelum beli, waspada sebelum terpedaya!

Said Sutomo