PO. Puspa Indah Ganggu Kenyamanan Konsumen

No comment 228 views
bus puspa indah

PO Bus Puspa Indah (sumber foto : laman facebook PO Bus Puspa Indah)

Saya mengadukan pelayanan perusahaan PO. Puspa Indah (PI). Kejadiannya ketika saya ingin menggunakan jasa angkutan dari Landungsari ke Jombang karena saya bekerja di Malang dan tiap minggu pulang ke Ponorogo.

Kami ingin menggunakan jasa yang baru yaitu bus Patas Citra. Dalam hal ini saya merasa dipersulit untuk bisa mendapatkan bus tersebut dikarenakan pada saat jam pemberangkatan bus Citra baik yang jam 9.12 dan jam 16.00. Karena bus tersebut selalu ditutupi oleh bus-bus PI yang saya tahu bus PI itu belum tentu mempunyai trayek semua. Karena saya tahu sebelum adanya bus Citra di terminal bus Landungsari cuma ada dua (2) atau tiga (3) bus PI yang mangkal di parkiran.

Tapi untuk saat ini banyak sekali. Kemana para petugas yang berwenang? Adilkah ini? Dan saya juga selalu menggunakan PO PI tapi sudah banyak yang tidak layak. Karena apa tidak ada tindakan seperti penertipan trayek atau penilaian yang lebih berkwalitas terhadap kendaraan yang di gunakan pengusaha guna menjamin keselamatan penumpang? Sudahkah ada tindakan terkait hal tersebut?

Ulah yang mengganggu pelayanan bus lain yang lebih baik itu tentu mengakibatkan tidak nyaman. Kami ingin adanya penertiban yang sungguh-sungguh yang dilakukan dengan ajek agar keberadaan bus-bus sesuai dengan kelaikan di jalan dengan menjaga etika berlalulintas. Dari Pengadu:? AGUS SETIAWAN, Email:? setiawan****@yahoo.co.id

Bapak Agus Setiawan ysh.

Pertama kami mengucapkan terima kasih telah menghubungi kami. Kedua, kami sangat prihatin terhadap ulah PO. Puspa Indah (PI) bersama krunya yang memperburuk citra pelayanan angkutan umum bus pada khususnya dan angkutan umum jalan raya pada umumnya.

Cara-cara persaingan yang merugikan konsumen angkutan seperti yang anda alami tersebut sebenarnya harus ditinggalkan. Era sekarang dan ke depan adalah era memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Siapa yang terbaik pelayanannya itulah yang akan selalu dipilih konsumen.

Namun rupanya tidak demikian, justru armada yang memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya diganggu agar pelayanannya menjadi buruk tidak tepat waktu seperti mereka. Jika demikian, maka keinginan kita agar konsumen pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum rupanya sulit akan terwujud. Justru sebaliknya, masyarakat akan semakin manjauh dari pelayanan angkutan umum karena lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi.

Ketiga, pengaduan anda akan kami teruskan kepada dinas terkait yang bertanggungjawab atas kelancaran dan kenyamanan konsumen angkutan bus pada jalur trayek yang anda sampaikan itu untuk ditertibkan.

Kebetulan pada tanggal 14 April 2014 kami diundang untuk rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan Jatim. Pengalaman buruk anda tersebut akan kami sampaikan agar tidak berlarut-larut sehingga mengganggu konsumen lainnya.

Wassalam, teliti sebelum beli, waspada sebelum bayar!

Said Sutomo