Resiko Menyimpan Barang Produk Bajakan

No comment 146 views

bajakanKami mohon penjelasannya, kemarin ada beberapa masalah yang ingin saya tanyakan tentang produk? bajakan:

1.??? Apa saja yang diperbolehkan disimpan di media penyimpanan, misalnya: hard-disk, flash-disk, dan semacamnya. Soalnya saya pernah menerima info dari teman saya di Surabaya, menyimpan file MP3 saja juga dipermasalahkan ketika ada pemeriksaan software?

2.??? Undang-Undang yang menerangkan hal di atas?

3.?? Bagaimana dengan manfaat internet atau media lainnya dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa sehubungannya dengan hal no. 1?

Terima kasih sebelumnya sdr. Said Sutomo. Dari: Wahyu Agung Widagdo <joeysxxxx@yahoo.co.id>

Sdr. Wahyu Agung Widagdo yth.

1.??? Secara normatif Undang-Undang HAKI telah mengatur seperti itu. Oleh karenanya cepat atau lambat kita wajib konsisten terhadap Undang-Undang tersebut. Namun masalahnya para para aparat penegak hukum secara pribadi (dirinya, keluarganya dll) maupun secara institusi di kantornya bersih dari saftware barang-barang bajakan?

2.??? Semua teknologi berikut pertumbuhannya sangat bermanfaat bagi hidup dan kehidupan manusia berbangsa, tinggal manusia penggunanya apakah benar-benar untuk kemaslahatan dirinya dan lingkungannya atau sebaliknya? Semua kerusakan di bumi dan sekitarnya menurut ajaran agama karena akibat ulah manusianya bukan karena teknologi dan ilmu pengetahuan atau karena zamannya. Lucunya justru kadang-kadang orang-orang beragamalah yang memberikan contoh kurang baik dalam pemanfaatan teknologi, ilmu pengetahuan bahkan agama yang diyakininya itu kemudian mencari “kambing hitamnya”. Kalau dapat kambingnya masih lumayan tapi kalau dapat hitamnya ini yang memprihatinkan kita semua.

Demikian, terima kasih,
Said Sutomo