YLPK Dukung Rencana Pemindahan Bus Semua Jurusan Ke TOW

busYayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur mendukung rencana pemindahan bus antarkota semua jurusan ke Terminal Tambak Osowilangun (TOW). Namun, pemindahan tersebut tidak dilakukan terhadap seluruh jumlah bus yang ada di terminal Purabaya melainkan sebagian saja.

“Ini untuk menjaga tingkat kualitas layanan pada konsumen di terminal Purabaya,” kata Said Sutomo, Ketua YLPK Jawa Timur, Minggu (16/6/2013).

Dengan adanya rencana memasukkan bus semua jurusan ke terminal TOW, menurut Said, sudah sesuai dengan saran dari ombusdman dan keinginan para operator bus antar kota. Karena sekarang ini sudah saatnya pemerintah dan pelaku angkutan menjalankan kebijakan berbasis konsumen. Jika hal itu tidak dilakukan maka konsumen atau masyarakat akan meninggalkan operator angkutan dan pemerintah.

“Jelas, itu akan merugikan semuanya. Dan itu tidak boleh terjadi,” ucap Said.

Oleh karena itu, ungkap Said, untuk mendukung rencana dimasukkanya bus antar kota semua jurusan ke terminal TOW maka Pemkot Surabaya harus menyiapkan angkutan kota pendukung dengan penataan trayek yang lebih baik. Selain itu, armada angkutan kota juga harus dilakukan peremajaan.

“Kami kira jika langkah tersebut bisa dilakukan maka pemindahan bus antarkota semua jurusan ke terminal TOW bisa berjalan baik,” ujar Said.

Kepala Perwakilan Ombusdman Jawa Timur, Agus Widyarta mengatakan, pada intinya upaya meramaikan terminal TOW bisa dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Akan tetapi, Pemkot Surabaya harus melengkapi seluruh sarana dan prasarana di terminal TOW. Dengan demikian, konsumen di terminal TOW bisa terpenuhi hak-haknya.

Demikian juga soal trayek di terminal TOW, menurut Agus, disarankan untuk semua jurusan ada di terminal TOW. Dengan demikian konsumen tidak hanya dilayani satu jurusan bus AKAP pantura saja.

“Kami kira saran ini dibuat demi masyarakat atau konsumen penumpang bus,” tutur Agus beberapa waktu lalu.

sumber šŸ˜• Surya