Awas Garansi Bohong!

No comment 647 views
ilustrasi

ilustrasi

Saya seorang mahasiswa Unair. Saya pernah mengalami pengalaman kurang baik yaitu membeli sebuah headphone Philips di toko elektronik Hartono. Saya hanya mendapatkan struk saja tanpa kartu garansi. Kata pegawai Hartono struk tersebut cukup untuk pengajuan klaim garansi. Pada headphone tersebut tertulis garansi 2 tahun.

Kemudian beberapa hari yang lalu headphone saya rusak dan saya bawa ke Hartono, kemudian kata pegawai Hartono disuruh langsung ke Philips di Jl. Gubeng Stasiun No 5c. Setelah berputar-putar akhirnya saya menemukannya. Kemudian saya kaget ketika pegawai Philips Authorized Servive tersebut mengatakan bahwa “kami tidak melayani servis asesoris seperti headphone”.

Ketika saya tanya lalu apa makna stiker garansi ini dia meminta kartu garansi yang memang tidak saya dapatkan dari Hartono. Ketika saya keluarkan struk katanya itu tidak berlaku, kalau buat garansi harus kartu garansi. Saya merasa dibohongi, entah itu oleh Hartono atau oleh Philips. Mohon ditindak. Harga headphone-nya memang tidak seberapa, tapi bagaimanapun saya mahasiswa yang tidak buta akan hukum seperti ini. Dari: akief alfatih <akief****@yahoo.com>

 

Mas Akief Alfatih ysh.

Motto kami kepada konsumen adalah teliti sebelum beli, waspada sebelum bayar! Tapi mas Akief sudah terlanjur beli dan sekarang ada masalah, bagamana menyelesaikannya? Saya sarankan:

1. Saudara mengirimi surat pada Hortono menyampaikan komplain bahwa Handphone Philips tidak tersedia pelayanan purna jualnya di Surabaya dengan tembusan ke kami YLPK Jatim Ruko RMI Blok I No. 25 Lt. 3, Jl. Ngagel Jaya? Selatan Surabaya 60246.

2. Saudara datang ke kantor YLPK Jatim mengisi form pengaduan dengan membawa copi bukti struknya. Kemudian kami yang akan menindaklanjutinya untuk melakukan mediasi.

3. Saudara melaporkan ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Surabaya, di Jl. Arif Rahman Hakim No. 99 Surabaya agar dilakukan mediasi juga dengan pihak Hatono. Demikian saran yang dapat kami sampekan, atas kepercayaannya menghubungi kami, diucapkan terima kasih.

Wassalam,

saidsutomo@ylpkjatim.or.id