Tertipu Online Shopping

No comment 60 views

Cyber-ladronesSaya sebenarnya sudah biasa shopping barang via blog outlet internet. Selama ini nilai transaksi saya rata-rata di bawah Rp 1juta, selalu lancar dengan pengiriman barang sesuai pesanan dan tepat waktu. Kepercayaan saya semakin meningkat karena meskipun tidak pernah tatap muka tapi pelayanannya baik.

Sewaktu saya saya melakukan transaksi barang via internet di blog outlet yang biasa saya lakukan mencapai Rp 15juta lebih. Namun sudah berjalan satu bulan ini sejak transaksi saya lakukan ternyata barang pesanan saya tidak pernah dikirim. Bahkan belakangan ini nomor telepon yang tersedia sebelumnya tidak bisa dihubungi dan nama blog outlet internetnya telah ditutup. Saya susah mencari alamatnya. Apakah YLPK Jatim bisa membantu? Mohon bantuannya. Rodhiyah J. ? Surabaya.

Ibu Rodhiyah J., ysh.

Terima kasih anda telah menghubungi kami untuk sharing ke publik tentang pengalaman belanja barang via internet yang menyedihkan ketika nilai transaksinya tinggi dan kemudian ditilep begitu saja. Kejadian semacam ini tidak hanya telah dialami oleh anda saja, tapi beberapa orang telah banyak yang menyampaikan pengaduan pengalaman yang sama ke YLPK Jatim.

Tapi bagaimana sikap YLPK Jatim dalam menerima pengaduan semacam ini, YLPK Jatim dapat membantu melakukan advokasi terhadap konsumen yang dirugikan oleh pelaku usaha, manakala alamat perusahaannya jelas dan ada nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika alamatnya tidak jelas, apalagi tidak ada nomor telepon yang bisa dihubungi, kami kesulitan membantu melacaknya.

Saran kami sebaiknya anda melaporkan ke kepolisian terdekat dengan membawa bukti-bukti transaksi dan nama blog outlet internetnya. Karena pihak kepolisian tentunya mempunyai cara-cara tersendiri untuk melacaknya. Apakah nantinya bisa ditemukan atau tidak oleh kepolisian, itu masalah lain. Yang penting anda melaporkan dulu agar pelakunya tidak menilep uang orang lain lagi dengan cara yang sama.

Demikian saran kami, teliti sebelum membeli, waspada sebelum terpedaya!

Wassalam Said Sutomo