YLKI: Keluhan Otomotif Paling Minim

No comment 63 views

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengungkapkan hanya menerima 17 pengaduan produk otomotif sepanjang tahun 2011. Angka itu jauh lebih rendah dari jumlah pengaduan yang diterima YLKI sebanyak 525 pengaduan. Sementara, Indonesia telah menjadi salah satu pasar otomotif paling potensial di dunia.

Menurut Ketua Harian YLKI Sudaryatmo hal tersebut menunjukan minimnya kesadaran konsumen untuk mengadu ketika produk otomotif yang dibelinya cacat pabrik atau rusak.

“Inikan menunjukkan minimnya kesadaran masyarakat dalam mengadu,” ucapnya saat diskusi bertajuk ‘Perlindungan Konsumen Produk Otomotif’, di Warung Daun Cikini, Jakarta, Minggu (6/5/2012).

Sudaryatmo pun menyebut hal tersebut sebagai suatu fenomena pasar otomotif di Indonesia seperti gunung es. Sebab, tampak di luar tidak ada permasalahan, tetapi di dalamnya banyak masalah.

Padahal, kata Sudaryatmo, pengaduan merupakan salah satu hak informasi yang harus dipenuhi oleh konsumen. Oleh sebab itu, Sudaryatmo meminta agar konsumen diharuskan mengadu kepada pihak-pihak yang bersangkutan, seperti perusahaan, dealer, atau lembaga swadaya masyarakat.

“Oleh sebab itu, masyarakat dituntut untuk berani mengadu. Hal ini dimaksudkan agar konsumen dapat memenuhi perannya sebagai peserta, atau komponen pasar yang bertanggung jawab,” pungkasnya.

Sumber : Centroone