Biaya Maksimal, Volume dan Mutu Minimal

No comment 121 views

M Said Sutomo, sebagai salah satu warga di Dusun Kelompang,Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa-Timur, sangat menyesalkan atas pembangunan jalan di Dusun Kelompang,Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, yang tidak tuntas pembangunannya atauu peningkatan pemeliharaannya.

Sebab, masih menyisakan sekitar 2 Km dari pabrik formula susu Nestle yang bertaraf internasional itu. Dalam melayani pembangunan demi  keamanan dan kenyamanan jalan desa bagi anak – anak  SD dan SMP ,serta penduduk  pinggiran desa setempat.

“Sehingga mengganggu  keamanan dan kenyamanan anak -anak  didik yang menjadi tulang-punggung masa depan bangsa kita.  Terbukti bukan sekali atau dua kali saya temui  anak sekolah berangkat/pulang sekolah terjatuh di tengah-tengah jalan,” ucap M Said Sutomo, yang juga Ketua YLPK Jawa-Timur ini.

Apalagi, menurut Said,di waktu musim penghujan, menyebabkan kondisi jalanan desa tersebut menjadi becek, licin, bergelombang  dan tidak beraspal, padahal kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sudah berumur 77 tahun.

 

Foto bukti papan pengumuman pembangunan (sekarang sudah tidak ada),  fasilitas publik berupa jalan desa Tanggulangin – desa Lorokan, kecamatan   Kajayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa-Timur.

Tetapi tidak nyampai membangun jalan di batas desa  Lorokan pembangunan tidak diteruskan , sesuai  janji papan pengumuman  tersebut. Akhirnya  jalan makadamnya  rusak, bergelombang, licin jika musim hujan.

Sehingga tidak aman dan nyaman bagi anak-anak pinggiran  desa yang berangkat/pulang  sekolah, baik mereka yang masih SD maupun SMP.

‘Yang jelas, ada dugaan tidak sesuai dengan volume  panjang jalan. Di papan  tertera pengumuman  konstruksi  jalan Desa Tanggulangin- Lorokan sekitar 5 Km, tetapi cuma terbangun sekitar 50 % nya.  Masih sekitar 50 % lagi nyampai ke batas Desa Lorokan. Kalau volume saja  tidak sesuai, apalagi speknya ? ,” kata M Said Sutomo.

Sementara itu, Andre , Bina Marga Kabupaten Pasuruan ketika dihubungi untuk dikonfirmasi masalah ini, handphone (HP) nya sulit dihubungi.

Sumber : Media Surabaya Rek